Selasa, 05 September 2017

Bekerja dan Bersantai di Co-working Space yang Nyaman

Anda mungkin satu dari sekian banyak yang suka minum kopi di mal atau kedai kopi bermerek. Kadang, pagi-pagi kita sudah melihat beberapa orang menyeruput secangkir kopi sambil membuka laptop di kedai kopi atau kafe. Siang hari, bertambah banyak orang yang datang di kedai kopi bermerek dengan beberapa teman atau koleganya.

Ya, kafe atau kedai kopi saat ini memang sering dijadikan tempat untuk mengadakan pertemuan dengan rekan bisnis. Bukan hanya sekadar tempat berkumpul dengan teman, melainkan juga membahas berbagai kerjaan. Namun, berapa lamakah Anda bisa bertahan di kafe tersebut? Jika seharian, berapa banyak uang yang akan Anda keluarkan untuk makan dan minum kopi di sana? Lalu, bagaimana dengan fasilitas WiFi, apakah memiliki kapasitas yang memadai? Bagaimana pula jika kita perlu untuk mencetak dokumen atau mengirim berita melalui faksimile? Tentu saja tidak bisa terlayani jika kita bekerja di kafe.

Kini, sebuah tempat bekerja yang nyaman dengan beragam fasilitas yang dibutuhkan dapat ditemukan di Indonesia. Bukan hanya di luar negeri, khususnya Amerika yang sudah lebih dahulu ada, sarana tempat bekerja di luar atau yang sering disebut dengan co-working kini hadir di Amethyst Suites

coworking space jakarta pusat

Manfaat pertama dari sewa coworking space adalah, bisa meminimalkan pengeluaran. Daripada harus menyewa satu gedung untuk dijadikan kantor, maka menyewa coworking pastinya lebih tepat. Pasalnya menyewa satu gedung sangatlah mahal, apa lagi di perkotaan. Namun jika sewa coworking, maka Anda hanya perlu membayar 50 ribu untuk per harinya. Manfaat kedua, Anda dengan para rekan bisnis jadi bisa mendapatkan kenyamanan ketika sedang bekerja. Pasalnya dalam gedung coworking itu disediakan ruangan yang sudah didesain senyaman mungkin.

Manfaat ketiga, Anda dan rekan bisnis jadi bisa merasakan lebih semangat dalam menjalankan bisnisnya. Pasti Anda merasa bingung, kenapa kami bisa mengatakan hal seperti itu. Rasa semangat bisa berbisnis memang bisa semakin besar karena dalam gedung coworking tersebut tidak hanya ada Anda saja yang membicarakan proyek bisnis. Akan tetapi ada banyak juga pebisnis lain yang membahas proyeknya sendiri. Sehingga Anda pun akan merasa adanya persaingan, dan itu yang membuat rasa semangat lebih terasa. Manfaat selanjutnya, Anda bisa menikmati fasilitas dalam gedung sewa coworking space untuk keperluan berbisnis. Dengan begitu, Anda tidak perlu cari-cari fasilitas lagi untuk memperlancar bisnisnya.

Konsep coworking space yang cenderung open space, menumbuhkan iklim berkumpul dan bekerja sama sehingga tercipta kolaborasi. Melihat orang-orang berada di satu tempat, saling bercengkerama dan bertukar ide, memang sanggup menumbuhkan spirit sosial tersendiri. Bukan hanya sebagai ruang untuk bekerja, bertemu, dan berkarya saja, kehadiran coworking space melahirkan sebuah esensi yang mendalam bagi para penggerak bisnis kreatif. Bukan hanya ruang yang dapat diakses oleh orang tertentu aja, tapi lebih bersifat inklusif, dan memberikan ide-ide segar nan inspiratif.

Coworking space umumnya dapat diakses 24 jam sehari, setiap hari. Oleh sebab itu, setiap orang bebas mengatur waktu kerja yang sesuai dengan ritme hidupnya. Berbagai jenis ruangan yang berbeda fungsi juga memfasilitasi perbedaan antar pekerja. Mereka bisa memilih menggunakan meja atau ruang individual jika ingin mendapatkan suasana yang lebih tenang. Sementara itu, untuk mereka yang membutuhkan lebih banyak kolaborasi, ruangan yang digunakan bersama-sama dengan pekerja lain akan lebih sesuai.

Meskipun dikhawatirkan kebebasan mengatur waktu kerja ini akan berpengaruh terhadap produktivitas penghuni coworking space, namun hal itu bisa dihindari berkat adanya komunitas. Hubungan antar pekerja di tempat tersebut, konon lebih membantu seseorang untuk lebih disiplin dan memotivasinya untuk lebih cepat dan lebih baik dalam mengerjakan pekerjaan-pekerjaannya.