Senin, 25 November 2019

Jilid Hard Cover Mudah


Mesin Jilid Hard Cover Berkualitas – Telson.id

Jilid Hard Cover Mudah mungkin menjadi suatu keahlian yang ingin bisa dimiliki oleh banyak orang, terlebih jika mereka ingin membuka bisnis jasa jilid hard cover atau usaha fotocopy dimana jilid hard cover ada didalamnya. Pertama, jika anda ingin membeli mesin jilid hard cover yang berkualitas tinggi, anda bisa membelinya hanya di Telson. Telson merupakan salah satu distributor mesin digital printing terbesar di Indonesia yang menyediakan berbagai jenis mesin digital printing, dan berbagai jenis mesin lainnya seperti mesin mesin laminating, mesin creasing, mesin jilid, mesin potong, mesin hard cover maker, mesin hot print, mesin sablon, mesin press, mesin offset, mesin pemotong kertas, mesin potong kartu nama, mesin mata ayam, mesin rel, mesin lem, mesin glue binding dan masih banyak berbagai jenis mesin lainnya. Telson juga menjual sparepart dari mesin-mesin tersebut. Telson selalu memberikan mesin-mesin yang berkualitas dan juga memiliki harga yang disesuaikan dengan budget anda. 

Jilid Hard Cover Mudah

Setiap orang yang hendak membuka bisnis fotocopy pasti ingin bisa mengetahui cara jilid hard cover mudah, untuk memudahkan mereka dalam melakukan pekerjaan agar dapat selesai dengan cepat juga. Berikut ini adalah cara nya :

1.       Tahapan Menjilid
-          Menyiapkan Bahan Karton Tebal
-          Menyiapkan Karton Putih
-          Menyiapkan Karton Warna
-          Merapihkan Kertas yang akan dijilid
-          Jilid Bagian dalam
-          Potong satu sisi
-          Pemasangan karton putih
-          Pemotongan 3 sisi
-          Pemasangan pita, headband, dan penguat
-          Pengukuran
-          Membuat punggung buku
-          Membuat kulit luar sampul depan
-          Laminating
-          Membuat sampul dengan jilid hard cover
-          Menyatukan sampul depan dan jilid bagian dalam
-          Sentuan akhir

2.       Peralatan Jilid
-          Pisau cutter + isi
-          Penggaris
-          Styluses
-          Matras Potong
-          Meja Kerja
-          Komputer + printer A3/A3+
-          Lem
-          Gunting

3.       Bagian Jilidan
-          Jilid Bagian Dalam
-          Pelapis Bagian Luar Jilid Hard Cover

JILID BAGIAN DALAM
Persiapkan Karton Tebal
Pada tahapan ini, bisa dimulai dengan mempersiapkan karton tebal, karton putih, dan juga karton warna. Dimulai dari karton tebal, bahan yang digunakan adalah cutter beserta dengan isinya, penggaris besi dengan bahan stainless steel dengan panjang 60 cm(sebaiknya gunakan penggaris dengan panjang 100 cm), stayluses dengan matras potong.
Untuk awalnya, tentukan panjang dan juga lebar karton tebal yang akan anda potong, karton tebal ini sendiri berukuran 65x77cm dengan ketebal 3 mm. Jika anda ingin membuat hard cover dengan ukuran A4, gunakanlah ukuran potong tersebut. 

Jilid Hard Cover Mudah

Alat penanda styluses gunakan untuk membuat garis pada bidang yang akan dipotong. Anda dapat menggunakan pensi ataupun bollpoint sebagai penanda garis potong. Buatlah 2 buah karton tebal dengan ukuran kertas A4, jika ingin menjilid 1 buah buku hardcover. 

PERSIAPKAN KARTON PUTIH DAN KARTON WARNA
Potong kertas karton putih seukuran kertas ukuran A3 sebanyak 2 lembar, dan juga karton warna dengan ukuran lebar printer A3 yang anda miliki, untuk panjang karton warna, sesuaikan dengan ketebalan buku yang akan dijilid. 

MERAPIKAN KERTAS YANG AKAN DIJILID
Rapikan kertas yang akan di jilid, jika dirasa ada yang panjangnya tidak sama, anda bisa potong agar kertas yang akan dijilid rapih. Biasanya kertas lampiran yang digunakan berbeda dengan kertas ketikan. Terkadang pengguna jasa jilid hard cover menggunakan kertas berukuran F4 untuk lampiran grafiknya. 

JILID BAGIAN DALAM
Untuk menjilid kertas tersebut, gunakanlan staples dengan ukuran besar untuk menyatukannya. Untuk menjilid yang ukurannya sudah melebihi 5 cm, anda bisa gunakan teknik yang lain, anda bisa staples tersebut anda gunakan, karena tingkat ketahanannya sangat baik dan tahan lama.

MEMOTONG SATU SISI
Untuk memotong sisi staples, anda bisa memotongnya sedikit dengan menggunakan mesin potong. Nah fungsi dari pemotongan ini adalah untuk merapihkan dan juga meratakan pada sisi tersebut. Dimananantinya, pada sisi ini akan merekat pada lapisan bagian luar jilid hard cover. 

Jilid Hard Cover Mudah


PASANG KARTON PUTIH DAN PEMASANGAN 3 SISI
Karton putih yang sudah anda potong, bisa anda gunakan untuk melapisi sisi luar kumpula kertas yang sudah distaples tadi, dengan menggunakan lem, satukan keduanya. Lalu anda bisa potong ketiga sisi selebihnya yang belum dipotong untuk merapihkan tampilan. 

Jilid Hard Cover Mudah


PASANG PITA, HEADBAND, DAN PENGUAT
Pertama,pasang pita terlebih dahulu, kemudian anda bisa pasang headband, dan beri penguat pada jilidan pada sisi luar lembar kertas yang sudah di staples dan telah di potong tadi. Gunakan lem yang baik dan tahan lama untuk dapat merekatkan penguatnya. Sebagai penguat, anda bisa gunakan bahan karton putih/warna ataupu kain kasa. 

Jilid Hard Cover Mudah



PENGUKURAN DAN MEMBUAT PUNGGUNG BUKU
Gunakan alat yang bernama caliper untuk dapat mendapatkan nilai pasti dari ketebalan sebuah jilidan.  Sebagian orang menyebutnya dengan sekmat. Dengan mendapatkan tersebut, anda bisa membuat punggung buku dengan lebar disesuaikan dengan buku yang akan anda jilid, dan juga yang mana punggung tersebut akan direkatkan disaat pembuatan sampul luar jilid hard cover.

Jilid Hard Cover Mudah


MEMBUAT KULIT LUAR SAMPUL DEPAN
Pada bagian ini, mungkin seluruh pengguna yang bisa menggunakan computer sudah tau dan bisa membuat kulit luar sampul depannya, jadi bisa langsung di print saja.

LAMINATING
Laminating yang digunakan disini, merupakan laminating yang biasa kita gunakan untuk melaminasi dokumen dengan menggunakan plastik laminating, hanya saja kali ini bukan menggunakan plastic biasa, namun menggunakan bahan yang memiliki ketebalan 1 micron untuk melapisi kulit luar sampul depan ini. Bagi sebagian orang, untuk dapat melapisi bagian ini sangat sukar, dan itu memang benar 

MEMBUAT SAMPUL LUAR JILID HARD COVER
Nah, pada bagian  ini, anda dapat menggunakan alat sederhana yang disebut dengan multiplex dan alumunium plus 2 buah engsel dengan ukuran 5 cm. anda bisa bentuk  dengan sedemikian rupa. Setelah selesai, anda bisa lanjutkan dengan pengelemenan pada sisi kanan dan kiri serta atas dan bawah 

Jilid Hard Cover Mudah


MENYATUKAN SAMPUL DEPAN DAN JILID BAGIAN DALAM
Setelah semua nya siap, anda bisa menyatukan semua dengan menggunakan lem.  Bagi anda yang sudah terbiasa menjilid hard cover, mungkin anda bisa menggunakan lem kuning untuk dapat membuatnya tak harus menunggu lama, tapi untuk  itu, anda juga bisa menggunakan lem putih untuk dapat menyatukan kedua bagian tersebut. Dimulai dari bagian punggung kemudian dilanjutkan bagian belakang hingga bagian depan sampulnya. 

Jilid Hard Cover Mudah


SENTUHAN AKHIR
Pada sentuhan akhir,anda dapat  memberikan sudut buku untuk mempercantik tampilan hard cover, dan terdapat beberapa type sudut buku yang dijual di pasaran. Salah satunya adalah type polos untuk sudut buku.

Itu dia beberapa cara dan penjabaran untuk membuat jilid hard cover dengan mudah, jika anda ingin membeli berbagai jenis mesin-mesin jilid hard cover, anda bisa membelinya hanya di Telson yang merupakan sebuah distributor mesin digital printing terbesar di Indonesia yang menyediakan berbagai jenis mesin digital printing dan juga menjual sparepartnya.